Langsung ke konten utama

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 1

DOSEN          : Ramita Hapsari
NAMA           : Xena Gabriella
NPM               : 17116709
KELAS          : 1KA19




Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Ilmu merupakan serangkaian pengetahuan atau wawasan yang dibutuhkan oleh seluruh manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Kebudayaan adalah segala tindakan yang harus dibiasakan oleh manusia dengan belajar, sedangkan budaya merupakan budi dan daya, yang berupa cipta, karsa, dan rasa.
Sehingga secara garis besar dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang ketertarikan antara manusia dengan kebudayaan serta pengkajian masalah-masalah manusia dan kebudayaannya.
Ilmu Budaya Dasar Merupakan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia karena pada ilmu budaya dasar memiliki unsur-unsur dari kebudayaan yaitu:
  • Sistem Religi/ Kepercayaan
  • Sistem organisasi kemasyarakatan
  • Ilmu Pengetahuan
  • Bahasa dan kesenian
  • Mata pencaharian hidup
  • Peralatan dan teknologi 



Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktifitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara dua orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara dimana orang menggunakan teknologi ini dalam mendukung program bisnis.



Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Sistem Informasi

Hubungan Ilmu budaya dasar dengan Sistem Informasi sangatlah berkaitan satu sama lain. Ilmu Budaya Dasar mengajarkan manusia untuk lebih berbudaya dan Sistem Informasi tentu saja lebih berorientasi kepada teknologi. Jadi, dari kedua pengertian tersebut diharapkan kelak seorang lulusan SI tidak hanya mengedepankan IPTEK nya saja tetapi juga memperhatikan nilai, moral, dan buadaya bangsanya sendiri.
Sistem Informasi memberikan kemudahan melalui media internet, kemajuan ini akan menjadi sorotan utama saat ini. Kemajuan dibidang ini bisa mempengaruhi kebudayaan disetiap negara dan menembus batas-batas budaya yang telah diterapkan di Negara masing-masing. Adanya hubungan timbal balik antara sistem informasi dengan ilmu budaya dasar. Contohnya : ilmu budaya dasar mempelajari tentang budaya, budaya tersebut dapat disebarluaskan dan diperkenalkan oleh teknologi terkini yang kita sebut dengan media internet.





Kebudayaan Betawi

  • Lenong sebagai tontonan, sudah dikenal sejak 1920-an. Almarhum Firman Muntaco, seniman Betawi terkenal, menyebutnya kelanjutan dari proses teaterisasi dan perkembangan musik Gambang Kromong. Jadi, Lenong adalah alunan Gambang Kromong yang ditambah unsur bodoran alias lawakan tanpa plot cerita.

  • Ondel-ondel merupakan hasil dari kebudayaan Betawi yang berupa boneka besar yang tingginya mencapai sekitar ± 2,5 m dengan garis tengah ± 80 cm, boneka ini dibuat dari anyaman bambu yang dibuat agar dapat dipikul dari dalam oleh orang yang membawanya.

  • Tanjidor adalah sebuah kesenian Betawi yang berbentuk orkes. Kesenian ini sudah dimulai sejak abad ke-19. Alat-alat musik yang digunakan biasanya terdiri dari penggabungan alat-alat musik tiup, alat-alat musik gesek dan alat-alat musik perkusi.

  • Wayang adalah salah satu khazanah budaya tanah air yang banyak ditemui di berbagai daerah, terutama di Jawa. Wayang yang amat dekat dengan masyarakatnya, kerap dimanfaatkan sebagai media penyebar berbagai informasi. Wayang, tumbuh dan berkembang seiring dengan masyarakatnya, ia mampu merubah bentuk dan tetap mendapat tempat, sekecil apapun itu



Budaya yang Telah Hilang di Indonesia

  • Cara Berkomunikasi

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan yang besar dalam cara kita berkomunikasi. Dulu kita sering melakukan surat-menyurat, dikirim terus menunggu balasan, kalau apes mungkin surat kita kekirim ke orang lain. Kalau sekarang sangat mudah, pakai smartphone ataupun Komputer kita bisa berkomunikasi secara kilat dengan berbagai media aplikasi.

  • Pakaian

Karena pengaruh modernisasi dan globalisasi, masyarakat mulai mengubah cara berpakaian mereka. Tadinya masyarakat kerap memakai baju tradisional atau baju adat daerah masing-masing, kalau sekarang mereka memakai baju bisa karena mengikuti trend atau sekedar ingin mengenakan sesuai selera mereka.

  • Perilaku

Dalam kasus ini banyak contoh anak yang suka membantah kepada orang tua mereka.

  • Model Rambut

Banyak pelajar yang suka mencontoh artis idola mereka sehingga menimbulkan efek “hitz” dalam pergaulan mereka. Namun juga harus dalam pengawasan yang pas supaya apa yang mereka lakukan tidak berlebihan.

  • Kesenian

Karena banyaknya berbagai kesenian yang masuk dari luar negeri, beberapa kesenian asli dari Indonesia sudah jarang ditemukan. Namun tetap saja masih ada yang populer dan dilestarikan hingga saat ini.



Peran Masyarakat Dalam Melestarikan Budaya

Orangtua juga berperan sangat penting untuk memberikan pengajaran kebudayaan dan kesusastraan di Indonesia kepada anaknya.
Membawa bahasa dan budaya nasional menjadi budaya dan bahasa yang patut menjadi salah satu bahasa dan budaya internasional.
Menjadikan seni dan budaya daerah sebagai salah satu substansi atau materi pembelajaran dalam satu mata kuliah atau mata pelajaran.
Menyaring budaya-budaya asing yang masuk dan mengambil hal-hal positif yang bisa memajukan kebudayaan dan kesusastraan Indonesia.
Menanamkan rasa cinta tanah air.
Membentuk dan memanfaatkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kesenian dari Indonesia contohnya tari dan musik tradisional, atau bahkan bahasa tradisional.

Saling menghormati dan menghargai antar sesame masyarakat walaupun berbeda suku dan agama.

Komentar