Langsung ke konten utama

Tugas Inovasi SI & New Technology 1

Nama : Xena Gabriella
NPM :17116709
Kelas : 2KA19
Dosen : Dyah Ayu Damayanti


Pengertian, Manfaat, Contoh dari Inovasi Sistem Informasi

Definisi Secara Umum 
Kata inovasi dalam bahasa inggris yaitu Innovation adalah segala hal yang baru atau disebut juga pembaharuan. Sedangkan dalam bahasa Indonesia berarti penemuan, karena hal yang baru itu merupakan penemuan. Inovasi juga dapat diartikan sebagai sesuatu hal yang baru dalam kondisi dan situasi tertentu yang digunakan untuk memecahkan masalah.

Inovasi Sistem Informasi memiliki pengertian yaitu suatu sistem yang terdiri dari jaringan, kemitraan sehimpunan faktor,  dan merupakan hubungan interaksi dan proses produktivity yang memengaruhi arah perkembangan dan kecepatan inovasi dan difusinya (termasuk juga teknologi dan praktik baik/terbaik) serta proses pembelajaran.

Jadi Inovasi Sistem informasi secara umum sebenarnya meliputi basis produksi (sepert aktivitas-aktivitas nilai tambah bagi penunjang kebutuhan dalam bidang bisnis maupun non bisnis serta masyarakat umum), dan pemanfaatan yang dialami dalam masyarakat serta proses pembelajaran yang berkembang dan juga basis ilmu pengetahuan dan technology (termasuk aktivitas pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan rekayasa.


Manfaat dari Inovasi Sistem Informasi
 •   Pengembangan sarana teknologi dan alat komunikasi.
 •   Pengembangan dalam teknologi terkini.
 •   Mempermudah kita mencari informasi dari segala hal.
 •  Mempermudah kita dalam berkomukasi dengan orang lain entah itu keluarga yang berbeda  provinsi maupun berbeda Negara.
 •  Terciptanya lapangan perkerjaan dalam bidang IT.
 •  Terciptanya metode pembelajaran e-learning dalam sistem pendidikan.
 •  Keamanan yang terjaga.

Contoh dari inovasi sistem informasi
 •     Pendidikan
Menciptakan pembelajaran e-learning untuk para siswa/mahasiswa agar mereka mudah mencari pembelajaran di sekolah maupun di perkuliahan.

 •    Alat komunikasi
Terciptanya handphone yang semakin canggih sekarang ini seperti layar touchscreen, OS (operating sistem) android, handphone yang water resistant

 •    Keamanan
Keamanan juga termasuk ke dalam contoh dari inovasi SI karena pengembangan dalam keamanan sekarang dapat kita lihat, kita dapat melihat keadaan rumah kita dari jauh menggunakan HP maupun komputer melalui internet.

 •   Sarana Teknologi
Sekarang sarana teknologi semakin berkembang, mulai dari komputer, laptop maupun handphone. Kita dapat mulai melihat perkembangannya dari media penyimpanannya, dulu semakin besar kapasitas penyimpanannya, semakin kecil bentuk penyimpanannya.

•   Terbukanya lapangan pekerjaan
Dengan menggunakan komputer ataupun laptop yang dilengkapi dengan internet, kita dapat membuat lapangan pekerjaan misalnya sebuah bisnis online yang menjual jasa maupun produk, yang akan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain dibidang jasa ataupun produk.

 •     Mencari informasi dari segala hal
Dulu sebelum adanya teknologi kita mencari informasi di media cetak, sekarang kita dalam mencari infomasi dari segala hal melalui teknologi mulai dari berita olahraga, seputar poitik, kejahatan,  pengembangan teknologi terbaru, cuaca dan dll. Dulu sebelum adanya teknologi kita mencari informasi di media cetak, sekarang kita dalam mencari infomasi dari segala hal melalui teknologi mulai dari berita tindak criminal, pengembangan teknologi terbaru, cuaca dan dll. Kita dapat mencari segala hal dalam waktu yang singkat dan tanpa kita susah-susah mencari media cetak.

Komentar