Langsung ke konten utama

Tugas Inovasi SI & New Technology 3

Nama : Xena Gabriella
NPM :17116709
Kelas : 2KA19
Dosen : Dyah Ayu Damayanti


Apa itu Teknologi Digital ? pentingnya untuk bidang IT

Teknologi digital merupakan teknologi yang dimana pengoperasionalannya tidak lagi banyak membutuhkan tenaga manusia dan lebih cenderung pada sistem pengoperasionalannya yang otomatis dan canggih dengan sistem komputer/format yang dapat dibaca oleh komputer.
Pada teknologi analog gambar dan suara akan diubah menjadi gelombang radio, maka teknologi digital akan menkonversi gambar dan suara tersebut menjadi data digital yang terdiri dari angka biner 1 dan 0. Teknologi digital menggunakan sistem bit dan bite yang ditujukan untuk menyimpan data dan memproses data. Sistem digital akan mempekerjakan sejumlah besar switch listrik mikroskopis dan hanya memiliki dua keadaan atau nilai. Switch biner ini bisa dalam keadaan on atau off, 1 atau 0 (true or false), black ( hitam ) atau white (putih).

Teknologi digital akan terus berkembang dan dipengaruhi oleh 3 hal yaitu :
1)          Transisi digital  : pertumbuhan industri produk digital yang sangat pesat yang akan berimbas pada pertumbuhan  produk analog yang akan mengalami penurunan
2)          Konvergensi jaringan : pemenuhan kebutuhan manusia di dalam lingkungan (gaya hidup)
3)          Infrastruktur digital : sesuatu yang di pelajari sebagai bagian dari suatu produk.

Jadi meski sangat berguna, semua komputer analog buatan manusia memiliki kelemahan besar yaitu mereka tidak dapat mengukur cukup teliti. Masalahnya terletak pada kemampuan mereka untuk secara konsisten terus menerus merekam perubahan yang terus menerus terjadi. Pada setiap pengukuran, selalu terdapat peluang untuk keragu-raguan . Berbeda dengan komputer analog, komputer digital mampu melakukan pengukuran yang jauh lebih tepat karena komputer tersebut tidak melakukan keragu-raguan serta cukup teliti dan cepat. Maka sistem-sistem digital memberikan tiga keuntungan atas sistem-sistem analog yaitu :

1.          Sangat mengurangi jumlah data yang diperlukan untuk memproses, menyimpan, meng
display, dan mengirim informasi.
2.          Bisa mereproduksi data dengan tidak terbatas jumlahnya tanpa pengurangan kualitas.
3.          Bisa dengan mudah memanipulasi data dengan presisi tinggi.

Teknologi digital sangat penting seperti :
Konversi teknologi
•    Catatan Gramophone perkembangan ke CD ke Mp3 :
Awalnya, piringan hitam sebuah alat yang memiliki pena yang bergetar untuk menghasilkan bunyi dari sebuah disc, alat yang diperlukan untuk memutar piringan hitam adalah Gramophone seiring berkembangnya teknologi kemudian piringan hitam berfungsi untuk merekam suara ataupun video dan setelah itu berkembang menjadi CD, CD dibuat dalam usaha merampingkan media penyimpanan musik dengan memperbaiki kualitas suara yang dihasilkan. Kemudian MP3, untuk mempermudah dalam mendengar ataupun memutar video atau musik.

•    VHS tape untuk DVD untuk Blu-ray :
Format baru untuk menyimpan data berupa video. Format ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan teknologi HDTV (High Definition TV) yang menjanjikan kualitas video yang jauh lebih tajam. Sekeping Blu-ray dengan single-layer mampu menyimpan data hingga 27 GB. Hal ini setara dengan 2 jam video dengan kualitas tinggi (High definition) atau sekitar 13 jam  dengan kualitas video standar. Sedangkan untuk double layer, mampu menampung hingga 54 GB untuk sekitar 4,5 jam video dengan kualitas tinggi atau 20 jam dengan kualitas video standar. Bahkan ada rencana untuk mengembangkan terus ukurannya hingga dua kali lebih besar.
  - Analog penyiaran untuk penyiaran digital  - Telepon umum ke ponsel
  - E-book
  - Mail ke email
  - Analog fotografi ke fotografi digital

Komentar