Langsung ke konten utama

Tugas Inovasi SI & New Technology 4

Nama : Xena Gabriella
NPM :17116709
Kelas : 2KA19
Dosen : Dyah Ayu Damayanti

Apa itu SEO, SEM, SMM, SMO?


Dalam dunia marketing online ternyata selain SEO ada beberapa istilah lain yang sering di gunakan untuk strategi pemasaran online. Apa saja itu, ini adalah SEM, SMM & SMO. Lalu apa perbedaan dari masing-masing istilah tersebut ? berikut penjelasan untuk mengenal lebih dalam mengenai istilah SEO, SEM, SMM & SMO

SEO (Search Engine Optimization) adalah metode optimasi yang membantu meningkatkan kemampuan suatu website untuk dicatatkan pada halaman pertama dari hasil pencarian organik. Banyak sekali buku atau artikel yang membahas tentang SEO, tetapi semua adalahuntuk satu tujuan dan jika kita tetap berpegang pada aturan dasar penulisan konten dan link building berkualitas, maka itu adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan pengunjung website di search engine.

SEM  (Search Engine Marketing) istilah ini sering di sama artikan dengan SEO, memang kedua istilah ini memiliki asal & makna yang sangat dekat, tetapi mereka berbeda satu sama lain. SEM adalah Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan suatu website. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka. SEM biasanya melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online.

SMO (Social Media Optimization) adalah teknik optimasi dengan meningkatkan visibilitas profil pada social media. Aktivitas jejaring sosial yang dipublikasikan akan dengan mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten kita. Sosial Media Optimization juga dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web atau blog dengan menyertakan link yang ingin di masukan.

SMM (Social Media Marketing) Mirip dengan SEM, SMM singkatan Social Media Marketing. Dan seperti yang Anda bisa tebak,  itu melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial. Jika Anda sudah familiar dengan iklan Facebook, maka itu merupakan SMM. Ini adalah proses menggunakan iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda dan meningkatkan eksposur merek Anda.

Jadi kesimpulannya adalah untuk SEM dan SMO adalah metode yang dapat kita gunakan sendiri tapi untuk SEM dan SMM harus menggunakan anggaran. SEM dan SMM akan membuat hasil yang lebih cepat dicapai, tetapi memiliki batas waktu sesuai dengan anggaran yang di keluarkan. Sedangkan SEO dan SMO adalah solusi jangka panjang, jika dilakukan dengan benar, dapat terus membawa hasil yang diinginkan untuk bisnis Anda.

Komentar