Nama : Xena Gabriella
NPM :17116709
Kelas : 2KA19
Dosen : Dyah Ayu Damayanti
Dalam dunia marketing online ternyata selain SEO ada
beberapa istilah lain yang sering di gunakan untuk strategi pemasaran online.
Apa saja itu, ini adalah SEM, SMM & SMO. Lalu apa perbedaan dari
masing-masing istilah tersebut ? berikut penjelasan untuk mengenal lebih dalam
mengenai istilah SEO, SEM, SMM & SMO
SEO (Search Engine
Optimization) adalah metode optimasi yang membantu meningkatkan kemampuan
suatu website untuk dicatatkan pada halaman pertama dari hasil pencarian
organik. Banyak sekali buku atau artikel yang membahas tentang SEO, tetapi
semua adalahuntuk satu tujuan dan jika kita tetap berpegang pada aturan dasar
penulisan konten dan link building berkualitas, maka itu adalah langkah yang
tepat untuk meningkatkan pengunjung website di search engine.
SEM (Search Engine Marketing) istilah ini
sering di sama artikan dengan SEO, memang kedua istilah ini memiliki asal &
makna yang sangat dekat, tetapi mereka berbeda satu sama lain. SEM adalah
Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu
pengunjung menemukan suatu website. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click
(PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik
iklan mereka. SEM biasanya melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan
Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online.
SMO (Social Media
Optimization) adalah teknik optimasi dengan meningkatkan visibilitas profil
pada social media. Aktivitas jejaring sosial yang dipublikasikan akan dengan
mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan
konten kita. Sosial Media Optimization juga dapat membantu mengarahkan lalu
lintas ke situs Web atau blog dengan menyertakan link yang ingin di masukan.
SMM (Social Media
Marketing) Mirip dengan SEM, SMM singkatan Social Media Marketing. Dan
seperti yang Anda bisa tebak, itu
melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial. Jika Anda sudah
familiar dengan iklan Facebook, maka itu merupakan SMM. Ini adalah proses
menggunakan iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda dan
meningkatkan eksposur merek Anda.
Jadi kesimpulannya adalah untuk SEM dan SMO adalah metode
yang dapat kita gunakan sendiri tapi untuk SEM dan SMM harus menggunakan
anggaran. SEM dan SMM akan membuat hasil yang lebih cepat dicapai, tetapi
memiliki batas waktu sesuai dengan anggaran yang di keluarkan. Sedangkan SEO
dan SMO adalah solusi jangka panjang, jika dilakukan dengan benar, dapat terus
membawa hasil yang diinginkan untuk bisnis Anda.
Komentar
Posting Komentar