Langsung ke konten utama

Tugas Manaj. Layanan Sistem Informasi 1


Nama         : Xena Gabriella
NPM           : 17116709
KELAS         : 2KA19

Pengetian, manfaat, peranan Manaj. Layanan Sistem Informasi bagi lingkungan sekitar

• Pengertiannya Manajemen Layanan Sistem Informasi:
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode yang mengelola Sistem Informasi (SI) dan secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan Sistem Informasi terhadap bisnis perusahaan.

Manajemen Layanan TI atau manajemen layanan yang mempunyai dukungan besar dari TI / IT service management or IT service support management( ITSM atau ITSSM) mengacu pada pelaksanaan dan pengelolaan dari kualitas layanan TI yang memenuhi semua kebutuhan bisnis. Layanan manajemen TI dilakukan oleh penyediaan layanan TI melalui kombinasi yang sangat tepat dari teknologi, manusia, proses dan informasi.

• Manfaat dari Manajemen Layanan Sistem Informasi diantaranya:
1.     Menambah kecepatan akses/aksesibilitas data yang tersaji tepat waktu dan akurat bagi para pengguna Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut tanpa adanya suatu perantara sistem informasi.

2.     Menjamin tersedianya keterampilan dan kualitas dalam memanfaatkan sistem informasi secara baik dan benar.

3.     Mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.

4.     Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.

• Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi:
1.     Mendukung Operasional Bisnis.
Manajemen layanan sistem informasi menyediakan dukungan operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan bahkankegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.

2.     Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi dirancang sedemikian rupa agar membantu mencapai sasaran mencapai sasaran yang mampu membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.

3.     Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan  
Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.

4.     Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan tepat waktu dan akurat bagi pemakainya.

5.     Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh
Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global juga melakukan pengelolaan serta pengawasan pasar.

6.     Meningkatkan Efisiensi Kerja
Layanan sistem informasi berguna mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya juga menghasilkan pendapatan salah satu produk atau pelayanan mereka.

7.     Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Dengan semakin meningkatnya persaingan, manajemen layanan sistem informasi membantu sebuah perusahaan dapat bersaing di pasar bebas karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.

Komentar