Nama : Xena Gabriella
NPM : 17116709
KELAS : 2KA19
Manajemen Layanan Sistem Informasi
Pengertian Manajemen Layanan Sistem
Informasi
Manajemen
Layanan SIstem Informasi adalah manajemen melakukan atau melaksanakan pelayanan
dalam suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan
transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi
dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan
laporan-laporan yang diperlukan.
Metode yang digunakan Manajemen
Layanan Sistem Informasi
1. Total Quality Management (TQM)
TQM adalah strategi manajemen yang ditunjukan untuk menanamkan kesadaran
kualitas pada semua proses dalam organisasi.
2. Six Sigma
Six Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti
Total Quality Management (TQM), sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas
dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan
untuk, menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan
menghilangkan biaya.
3. Business Process Management (BPM)
BPM adalah suatu metode penyelarasan secara efisien suatu organisasi
dengan keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut. BPM merupakan suatu
pendekatan manajemen holistic untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi
bisnis seiring upaya untuk mencapai inovasi, fleksibilitas dan integrasi dengan
teknologi.
4. Capability Maturity Model Integration
(CMMI)
CMMI adalah suatu pendekatan perbaikan proses yang memberikan
unsure-unsur penting proses efektif bagi organisasi. Praktik-praktik terbaik
CMMI dipublikasikan dalam dokumen-dokumen yang disebut model, yang
masing-masing ditunjukan untuk berbagai bidang yang berbeda.
Kerangka Kerja (Framework) Manajemen
Layanan Sistem Informasi
Contoh
kerangka kerja dari Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah sistem pengelolaan
data karyawan dan penggajian pada sebuah perusahaan manufaktur, atau biasa
disebut Human Resources Information System (HRIS). Software HRIS tersebut
biasanya melakukan proses penyimpanan database karyawan dalam sebuah
perusahaan. Dari mulai karyawan tersebut di-hire sebagai karyawan sampai dengan
karyawan tersebut resign. Manajemen Layanan Sistem Informasi pada HRIS terletak
pada proses penginputan data oleh Admin dan juga transaksi-transaksi yang
dilakukan secara online oleh karyawan itu sendiri.
Proses
Penginputan data oleh Admin biasanya berupa data personal karyawan, gaji, serta
data lainnya sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan. Transaksi-transaksi
yang dilakukan oleh karyawan biasanya berupa permohonan cuti, overtime, atau
yang berhubungan dengan Finance, seperti claim medical reimbursement, expenses,
dan lain sebagainya.
Proses
otomatisasi tersebut dapat mengurangi kemungkinan human error juga mempercepat
proses dengan mengurangi risiko tercecernya dokumen pendukung.
Komentar
Posting Komentar